PERKEMBANGAN SEKS REMAJA PUTRI

Pada umumnya manusia menginjak usia remaja mulai mengalami kematangan seksual. Secara fisik kematangan seksual usia remaja muncul pubertas yang menunjukkan mulainya kehidupan reproduktif dewasa. Pada remaja putri, ciri-ciri fisik awal yang nampak adalah membesarnya puting dan payudara yang merupakan keindahan yang mengawali kesempurnaan sebagai wanita. Di sekitar kemaluan dan ketiak mulai tumbuh rambut, lemak badan juga bertambah di sekitar bagian pinggul termasuk bagian perut dan atas paha, sehingga terbentuklah tubuh khas wanita yang indah. Ciri lain yang muncul adalah mulainya siklus menstruasi. Menstruasi awal yang terjadi pada remaja putri biasanya dialami antara usia 10 tahun sampai usia 16 tahun.

Mengatasi gangguan haid

Gangguan haid bisa terjadi pada setiap wanita, seperti rasa nyeri saat haid dan ketidakteraturan haid. Langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu :

  1. Memeriksakan diri jika terjadi gangguan pada masa-masa haid yang timbul secara berturutan;
  2. Mengatur pola pikir terhadap pekerjaan yang dijalani yang dapat mengatasi konflik emosional;
  3. Berpikir positif terhadap kodrat sebagai wanita bahwa pasti mengalami haid, yang bukan merupakan sesuatu yang asing atau sesuatu yang ditakuti;
  4. Pola hidup yang teratur, berusaha memenuhi hari-harinya dengan kegiatan yang positif dan menyenangkan, bersikap wajar terhadap makanan berkualitas tinggi, dan istirahat yang cukup.

abg.gif abg1.gif ayuanjanikx2.gif