POSTER

Poster merupakan gambar besar yang berisikan saran dan pesan. Gambar poster harus jelas, menarik dan mudah dipahami dalam waktu singkat. Orang-orang tidak mungkin akan berlama-lama untuk mengamati sebuah poster apalagi dalam perjalanan menuju tempat kerja/kantor, terlebih lagi poster tersebut dipangpang di seberang jalan yang situasinya sangat ramai.

Poster tidak boleh ramai dan detail, sehingga pesan yang terkandung di dalamnya tenggelam larut dalam detail yang banyak itu. Gambar poster tidak hanya harus besar, jelas dan menarik, akan tetapi harus juga sesuai dengan subyek yang divisualisasikan. Keserasian illustrasi dengan subyek adalah syrat utama dan mutlak dalam perancangan poster yang baik.

Keberhasilan sebuah poster tergantung pula dari kalimat yang digunakan. Dalam poster tidak boleh menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Gunakan kalimat yang singkat tapi padat dengan pesan yang tepat. Kata-kata harus segera dapat dimengerti oleh pemandang. Bentuk huruf harus tepat, sederhana dan cukup besar untuk dapat dibaca dari jauh tanpa harus mendekat. Bentuk huruf yang aneh-aneh akan membingungkan sehingga orang-orang akan malas untuk membacanya. Penggunaan warna harus sesuai dengan tema posternnya dan usahakan dapat menarik perhatian. Hindari penggunaan warna yang berlebihan agar tidak menimbulkan kesan semraut. Gambar poster dapat menampilkan berbagai tema, seperti tentang kesehatan, kelestarian alam, pendidikan, kependudukan, perjuangan, dan sebagainya. Contoh Poster tentang kesehatan :

Contoh Poster tentang Iptek :