MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH BEBAS NARKOBA

Menciptakan lingkungan sekolah bebas dari Narkoba, setidaknya ada tiga unsur yang berhubungan langsung dan saling terkait satu sama yang lainnya, yaitu : (1) siswa sekolah, (2) pihak sekolah meliputi kepala sekolah, para guru, pegawai/karyawan sekolah, petugas keamanan, petugas kebersihan, pengelola kantin, dan sebagainya, dan (3) orang tua siswa. Kerja sama dan kesamaan langkah dan tujuan pada ketiga unsur ini mempunyai peranan yang penting untuk terciptanya lingkungan sekolah bebas Narkoba.

Langkah-Langkah Kegiatan Untuk Siswa

Siswa dapat melakukan kegiatan yang membantu lingkungan sekolah menjadi tempat yang aman tanpa gangguan dan ancaman. Beberapa langkah dapat dilakukan siswa sekolah di antaranya :

  1. Melaporkan segala bentuk pemilikan, peredaran atau penyalahgunaan Narkoba kepada pihak sekolah dan orang tua.
  2. Melaporkan bahaya Narkoba dan cara-cara menghindari pengaruh Narkoba dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk membantu teman dalam memahami dan menghindari penggunaan Narkoba.
  3. Segera mencari pertolongan guru/orang tua baik mengetahui salah seorang siswa yang sudah terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba.
  4. Mendorong orang tua untuk aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan di sekolah dalam rangka penanggulangan narkoba.
  5. Aktif berpartisipasi dalam organisasi sekolah atau ikut membantu  mengembangkan gagasan yang berhubungan dengan program pencegahan penanggulangan Narkoba.
  6. Secara sukarela ikut berperan dalam gerakan keamanan dan ketertiban sekolah.
  7. Menyempatkan diri sebagai tutor bagi adik kelas untuk setiap kegiatan kampanye Anti Narkoba.
  8. Berupaya menjalin komunikasi yang baik dengan guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa.

Langkah-Langkah Kegiatan Untuk Sekolah

Untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban sekolah dalam upaya menciptakan lingkungan sekolah bebas dari Narkoba dapat ditempuh dengan beberapa kegiatan, di antaranya :

  1. Membentuk tim Gerakan Keamanan Sekolah bersama Komite Sekolah dan masyarakat sekitar untuk menciptakan lngkungan sekolah bebas Narkoba.
  2. Megembangkan program lingkungan sekolah bebas Narkoba berdasarkan situasi dan kondisi sekolah.
  3. Melibatkan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik, informatif, apresiatif dan penuh tantangan.
  4. Menegakkan kebijakan sekolah secara jelas dan tegas dengan mempertimbangkan masukan dari pihak siswa dan orang tua siswa sesuai dengan kondisi yang berkembang pada saat itu.
  5. Meninjau kembali pemberlakuan peraturan yang dinilai terlalu keras dan berhubungan langsung dengan PBM di sekolah.
  6. Bekerja sama dengan aparat penegak hukum yang dapat dipercaya dalam menangai masalah pelanggaran hukum oleh siswa di lingkungan sekolah.
  7. Segera menindalanjuti dan mengambil tindakan tegas bila mendapat laporan tentang adanya pemilikan, peredaranm dan penggunaan Narkoba oleh siswa di lingkungan sekolah atau di luar lingkungan sekolah.
  8. Mendorong seluruh aparat sekolah untuk respek terhadap sesama aparat sekolah, dengan orang tua siswa maupun terhadap siswa.
  9. Berupaya menjalin komunikasi yang baik denga sesama aparat, dengan orang tua siswa, masyarakat sekitar sekolah dan dengan siswa sendiri.
  10. Mendorong masyarakat dan instansi terkait untuk mendukung sekolah dan berpartisipasi dalam program pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan sekolah.
  11. Bekerjasama denga pihak terkait agar sekolah tetap berfungsi setelah jam pembelajaran sehingga siswa dapat melakukan kegiatan ekstrakurikuler dengan aman, tetap ada dalam pengawasan sekolah.
  12. Mengusahakan fasilitas sekolah yang memadai, seperti fasilitas olah raga, kesenian (seni tari, seni musik, seni rupa, seni sastra dan seni teater), dan keterampilan lainnya. Hal ini memungkinkan siswa dapat menyalurkan potensinya, rasa bosan dan jenuh selama mengikuti kegiatan belajar.

Langkah-Langkah Kegiatan Untuk Orang Tua Siswa

Orang tua siswa harus menjadi bagian dari sekolah dalam upaya menciptakan lingkungan sekolah bebas dari Narkoba. Orang tua siswa harus turut serta dalam mendukung kebijakan atau program sekolah sehingga terjadi kesinambungan antara peraturan yang diberlakukan di sekolah terhadap anak-anaknya. Ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan orang tua siswa, anatara lain :

  1. Menetapkan standar perilaku, batasan dan laporan yang jelas atas kegiatan anak-anaknya.
  2. Membuat kesepakatan dengan baik terhadap kegiatan yang diijinkan untuk diikuti dengan batasan-batasan tertentu.
  3. Mendistribusikan peraturan/disiplin sekolah dengan anak-anaknya.
  4. Mendorong  anak agar terbuka terhadap keadaan sekolah (bercerita tentang kegiatan di sekolah, pengalaman-pengalaman di sekolah, masalah pelanggaran yang terjadi di sekolah, dan sebagainya).
  5. Melibatkan diri dengan sekolah baik dalam pertemuan orang tua yang diselengarakan oleh sekolah maupun di luar undangan sekolah.
  6. Mengupayakan komunikasi yang baik dengan anak dan teman-temannya yang bisa diajak diskusi tentang isu penyalahgunaan Narkoba.
  7. Bekerjasama dengan sekolah dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah dalam upaya pencegahan dan penyalahgunaan Narkoba.
  8. Membicarakan akibat penyalahgunaan Narkoba dengan anak.
  9. Memantau kegiatan yang dilakukan anak, kenali teman akrabnya dan upayakan untuk mengenal orang tuanya.
  10. Mendorong anak untuk aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan potensi dan minatnya. Beri dorongan agar anak menekuni hobinya. Jangan biarkan anak bermalas-malasan dan melakukan kegiatan yang mengarah negatif.

No Responses

Tinggalkan Balasan