sumberilmu – Inilah Berkas yang Perlu Disiapkan Untuk Pendaftaran CPNS, jangan sampai terlewatkan. Saat pengumuman sudah dikeluarkan oleh masing-masing instansi biasanya akan ada persyaratan umum dan persyaratan khusus lazimnya rekrutmen calon pegawai baru. Untuk dapat lolos seleksi berkas/administrasi tentu harus memenuhi seluruh syarat umum dan khusus tersebut.

Kita dapat belajar dari pengalaman pada rekrutmen CPNS tahun-tahun sebelumnya tentang berkas apa saja yang perlu diaipakan. Yang paling pasti dibutuhkan adalah Nomor Induk Kependudukan, sebaiknya dari sekarang anda harus update NIK jika pernah mengalami kendala saat mendaftar CPNS edisi sebelumnya atau mungkin saat Pemilu nama anda tidak terdaftar karena kemungkinan NIK anda bermasalah. Untuj masalah NIK silahkan datang ke Kantor Dukcapil di daerah dimana anda terdaftar sebagai Penduduk.

Inilah Berkas yang Perlu Disiapkan Untuk Pendaftaran CPNS

Nah, inilah berkas/dokumen yang perlu anda siapkan untuk menyambut pendaftaran CPNS berdasarkan pengalaman rekrutmen CPNS sebelumnya.

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (eKTP)
  3. Ijazah dan Transkrip Nilai
  4. Akta Kelahiran
  5. Pas photo 4×6 latar mera dan swafoto
  6. Dokumen pendukung sesuai instansi seperti Surat lamarwn, Sertifikat Akreditasi jurusan/perguruan tinggi, Surat Tanda Registrasi (STR) biasanya untuk tenaga kesehatan.

Disamping itu ada beberapa instansi yang formasinya ada persyaratan khusus seperti keahlian bahasa Inggris (TOEFL), keahlian komputer atau keahlian khusus lainnya. Siapkan saja semua dokumen tersebut, jika bisa scan dan simpan arsipnya agar saat pendaftaran tiba dan jika dibutuhkan untuk diupload dapat meringkas waktu anda.

Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk menyiapkan diri lebih baik lagi dalam menyambut pendaftaran CASN. Ada banyak faktor yang perlu anda perhatikan jika ingin lolos menkadi ASN, namun yang pertama dilalui adalah seleksi administrasi.