sumberilmu – Mungkin teman-teman calon pelamar CPNS ataupun PPPK sudah siap-siap menanti pembuka pendaftaran di awal Juni ini, namun setelah adanya pengumuman resmi dari Pemerintah bawah pembukaan pendaftaran ditunda maka tentu saja masih ada waktu bagi anda untuk kembali menyiapkan diri. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan bahwa pembukaan pendafaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 belum dibuka pada 31 Mei 2021 lalu.

Kenapa Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 masih melum dibuka? Alasannya, karena masih ada beberapa aturan pengadaan CPNS dan PPPK di tahun 2021 yang belum ditetapkan pemerintah. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan dalam Surat Edaran Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021. Isi suratnya bisa anda lihat pada link berikut : https://www.instagram.com/p/CPcBWBQhcYt/ atau lihat file yang kami tampilkan di bawah.

Dikutip dari indonesiabaik.id, terdapat 6 poin penting mengapa pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 belum dibuka, sebabnya adalah :

  1. Beberapa aturan pengadaan CPNS dan PPPK di tahun 2021 belum ditetapkan pemerintah.
  2. PPK diminta menyiapkan rencana kegiatan dan anggaran pelaksanaan SKD CPNS dan kompetensi PPPK Non-Guru sesuai penetapan kebutuhan formasi.
  3. Setiap instansi baik pusat dan daerah wajib membentuk dan menentukan:
    – Tim panitia seleksi
    – Petugas verifikasi
    – Petunjuk teknis verifikasi
    – Petugas helpdesk instansi
    – Pengumuman persyaratan pendaftaran seleksi instansi
  4. PPK instansi daerah menyiapkan titik lokasi seleksi mandiri di daerah masing -masing.
  5. Instansi pusat dan daerah yang telah merencanakan titik lokasi seleksi mandiri dapat mengajukan usulan titik lokasi.
  6. Instansi pusat dan daerah yang akan menggunakan lokasi ujian di BKN Pusat /Kantor Regional/Unit Penyelenggaraan Teknis BKN wajib mengajukan usulan titik lokasi paling lambat 4 Juni 2021.

Penundaan ini tentu cukup beralasan bagi Pemerintah agar dapat menghadirkan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara yang benar-benar siap dan juga matang. Bagi teman-teman yang ingin mendaftar CASN tahun 2021 semoga anda bisa bersabar karena dengan penundaan ini pun anda dapat mepersiapkan segala dokumen serta mempelajari lebih banyak materi soal yang kemungkinan muncul dalam Seleksi nanti.